5 Cara Jual Makanan Online yang Mudah

makanan2

5 Cara Jual Makanan Online yang Mudah – Banyak orang sukses di dunia ini karena memiliki usaha atau bisnis sendiri. Tak heran, jika setiap orang selalu menginginkan untuk memiliki usaha sendiri. Salah satu bentuk usaha yang kini diinginkan banyak orang ialah usaha rumahan.

Secara definisi, usaha rumahan merupakan bentuk bisnis atau usaha yang bertempat di rumah sendiri (pemilik bisnis). Selain dapat menjalankan bisnis di rumah, usaha rumahan juga sering dipandang sebagai salah satu usaha yang menguntungkan. Salah satu jenis usaha yang kini banyak dilakukan ialah menjual makanan.

Sudah kita ketahui bersama bahwa makan dan minum merupakan salah satu kebutuhan dasar setiap manusia. Sehingga selamanya, seseorang pasti akan membutuhkan makanan. Di samping itu, membuka usaha makanan unik juga menjadi salah satu jenis usaha yang cukup menjanjikan.

Seiring berjalannya waktu, kini banyak orang memanfaatkan media sosial untuk menjual makanan secara online. Selain memudahkan konsumen saat memesan makanan, cara ini juga dianggap sangat menguntungkan. Tak heran, jika saat ini banyak orang menjalani bisnis makanan online dan berhasil meraih kesuksesan. Lalu bagaimana cara agar bisa meraih keuntungan? simak ulasannya berikut ini :

Rajin Promosi di Media Sosial

Hadirnya teknologi memiliki pengaruh besar dalam kehidupan sehari-hari manusia. Hampir dapat dipastikan setiap orang kini juga telah bergantung dengan teknologi informasi.

Pasalnya, setiap hari kita memerlukan teknologi ini untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Salah satu perkembangan teknologi informasi yang sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari ialah media sosial.

Media sosial kita ketahui kini telah berkembang dengan pesat. Berbagai macam fitur dan aplikasi seperti Instagram, Twitter, dan Facebook, kini telah tersedia di smartphone. Selain bisa digunakan untuk mengunggah foto menarik dan mencurahkan isi hati penggunanya, media sosial juga bisa dimanfaatkan untuk promosi bisnis atau usaha.

Salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk mempromosikan bisnis kuliner adalah Instagram. Seperti dikutip dari statistika.com, pengguna Instagram di Indonesia telah mencapai lebih dari 61 juta orang. Hal ini menandakan bahwa 22,6 persen masyarakat Indonesia aktif menggunakan Instagram.

Saat ini, ada beberapa pilihan untuk iklan melalui media sosial, salah satunya mempromosikan melalui layanan iklan berbayar di Instagram. Selain melalui iklan resmi, Anda juga dapat meminta bantuan untuk mempromosikan kepada akun-akun yang memiliki jumlah followers banyak. Cara jual makanan online satu ini dianggap paling efektif untuk memperkenalkan usaha Anda terhadap konsumen.

Memberikan Layanan Pembayaran yang Beragam

Cara jual makanan online berikutnya adalah memberikan fasilitas atau layanan pembayaran yang beragam. Dilansir dari laman Bisnis UKM, untuk memudahkan konsumen saat ingin membeli usaha makanan Anda. Saat ini, telah tersedia beragam cara pembayaran online yang disukai konsumen, seperti transfer bank atau melalui platform e-money.

Tak hanya memudahkan konsumen saat membeli makanan, adanya pilihan pembayaran yang beragam juga dianggap mampu menarik konsumen. Tentunya, metode pembayaran tersebut harus dipastikan aman, sehingga konsumen tidak takut saat ingin melakukan pembayaran.

Baca Juga : Tips Sukses Menjadi Reseller

Memberikan Diskon

Memberikan diskon menjadi salah satu cara jual makanan online yang dianggap menguntungkan. Pasalnya, memberikan diskon pada waktu-waktu tertentu bisa menarik konsumen untuk membeli produk makanan yang dimiliki. Adapun presentase diskon juga harus disesuaikan dengan harga pokok, sebaiknya tidak terlalu sedikit atau terlalu banyak.

Mengadakan Event Berhadiah

Cara jual makanan online berikutnya yaitu mengadakan event berhadiah. Hampir bisa dipastikan setiap konsumen menyukai hadiah, begitu juga dengan pengguna internet. Dengan mengadakan event berhadiah secara rutin, hal ini dipercaya mampu menarik minat konsumen untuk membeli produk makanan yang dimiliki.

Memberikan Penawaran Gratis Ongkos Kirim

Memberikan penawaran gratis ongkos kirim juga dianggap mampu menarik minat para konsumen. Gratis ongkos kirim dipercaya dapat menghemat pengeluaran saat melakukan pembelian secara online. Program ini bisa dilakukan dengan memberikan syarat tertentu pada konsumen, sehingga hal ini bisa menguntungkan kedua belah pihak.

Nah itu dia cara jual makanan online yang mudah dalam dunia bisnis online, semoga artikel ini membantu

Related posts