7 Langkah Praktis Cara Membuat Blog Bisnis Online

7 Langkah Praktis Cara Membuat Blog Bisnis Online

duniabisnisonline.web.id – 7 Langkah Praktis Cara Membuat Blog Bisnis Online, Saat ini blog telah bertransformasi menjadi salah satu fasilitas yang dapat berperan vital dalam kegiatan marketing. Lebih jauh lagi, mengintegrasikan blog dengan website perusahaan merupakan cara efektif dalam mengoptimalisasi pertumbuhan bisnis.

Dalam bisnis kecil, blog berpotensi menjadi salah satu elemen paling penting dalam membantu pertumbuhan bisnis tersebut. Alasannya, blog bisnis tidak memerlukan biaya yang besar, serba guna, mudah dikelola, fleksibel dan “menjual”.

Baca juga : Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Berikut adalah tujuh langkah praktis cara membuat blog bisnis:

1. Tentukan Tujuan Blog
Seperti menikah, sebelum melangkah lebih jauh sangat baik jika kita menentukan tujuan terlebih dahulu. Tentukan apakah blog bisnis Anda akan menjadi tempat untuk menceritakan kisah-kisah entrepreneurship, menjual produk/jasa, berbagi tips, tempat berpromosi atau gabungan atas semuanya?

CEO TopRank Marketing, Lee Odden, menyarankan agar blog bagi bisnis kecil untuk ditujukan sebagai penunjang website perusahaan, berperan sebagai landing page, penyedia tips bisnis kecil dan menjadi alat pemasaran.

2. Pilih Platform Blog Anda
Setelah menentukan tujuan yang jelas untuk blog Anda, menentukan platform blog apa yang akan dipakai merupakan cara membuat blog yang selanjutnya. Banyak orang akan menyarankan Anda untuk memakai WordPress sebagai platform blog bisnis.

Sejauh yang diketahui selama ini, WordPress memang merupakan platform yang menyediakan banyak plugin, dan sangat bersahabat dengan SEO (agar website Anda berada di peringkat satu hasil pencarian Google).

3. Pilih Web Hosting dan Domain Sendiri
Cara membuat blog bisnis selanjutnya adalah memilih web hosting untuk blog Anda. Website seperti GoDaddy atau Register menyediakan jasa web hosting dengan paket-paket tertentu. Dengan menggunakan domain Anda sendiri, maka kredibilitas website dan blog Anda akan meningkat dan juga lebih ramah SEO.

4. Desain Blog Anda Sendiri
Langkah selanjutnya adalah mendesain blog Anda sendiri. Desain blog ini pada hakikatnya tidak dapat dipisahkan dari desain website, dan desain tersebut haruslah baik (ini akibatnya jika desain website Anda buruk sekali)

Dalam menentukan desain blog atau website, setidaknya Anda dapat mempertimbangkan hal-hal penting seperti harus mobile friendly, gambar-gambarnya harus beresolusi tinggi, memiliki konten video, memuat halaman dengan cepat, navigasi mudah, tidak rumit dan menampilkan testimoni pelanggan (jika ada). Lihat 11 Desain Website Terbaik 2016 yang dapat memberikan inspirasi jika Anda hendak membuat atau mendesain ulang website/blog Anda.

5. Buat Rencana Konten
Pasangan serasi untuk tujuan adalah rencana. Saatnya Anda merencanakan konten apa saja, apa dan di kanal mana konten Anda akan disebar atau diterbitkan.

Salah satu bagian dari perencanaan adalah meriset kata kunci yang akan dipakai di dalam konten blog. Anda dapat menggunakan tools seperti Google’s Keyword Planner atau Ubersuggest. Anda juga dapat menggunakan tools berbayar seperti Wordstream.com, WordTracker dan KeywordDiscovery.com.

6. Mudah Dibagikan
Cara termudah untuk membuat blog Anda agar mudah dibagikan secara lebih luas adalah dengan selalu responsif terhadap komentar dari pembaca dan pastikan konten Anda tersebar di kanal media sosial yang relevan bagi bisnis Anda.

Jika Anda hendak menulis mengenai bisnis kecil ada baiknya Anda melakukan crossposting konten blog Anda di LinkedIn Pulse yang saat ini semakin diperhitungkan sebagai sumber bacaan untuk membentuk dan dianggap memiliki kredibilitas di kalangan eksekutif.

7. Bentuk Tim untuk Blog
Siapa yang akan mengelola blog bisnis Anda? Tentu saja sebuah tim yang harus solid dan menyenangkan. Setidaknya Anda harus memiliki editor yang akan mengkurasi tulisan para penulis Anda. Yang terpenting adalah mereka harus memiliki hasrat dalam melakukan pekerjaan ini karena pengelolaan sebuah blog diperlukan dedikasi dan komitmen yang bukan main.

Related posts