Beberapa Tips Mendapatkan Modal Untuk Buka Usaha

Beberapa Tips Mendapatkan Modal Untuk Buka Usaha

Duniabisnisonline.web.id – Berikut ini akan kami berikan beberapa tips untuk anda yang ingin membuka usaha namun tidak memiliki modal untuk menjalankan usaha tersebut, langsung akan kita bahas dibawah ini.

Sebagian orang bermimpi mempunyai usaha sendiri alias menjadi entrepreneur.
Fitri Agustina, Financial Planner OneShildt, mengatakan bahwa orang ingin mempunyai usaha sendiri agar lebih fleksibel mengatur waktu kerja. Alasan lainnya, mereka ingin mendapatkan penghasilan lebih besar dari gaji menjadi seorang karyawan.

Widya Yuliarti, Financial Planner Finansialku.com mengatakan setiap orang dapat membuka bisnis sendiri asalkan fokus untuk mewujudkannya. “Jangan sampai cuma ngomong doang tapi tidak ada actionnya,” tambahnya.

Selain itu, Anda wajib mempunyai modal awal untuk mulai membuka usaha. Fitri dan Agustina menyarankan ada dua cara untuk mengumpulkan modal pembukaan usaha.

1. Mengumpulkan modal dengan menabung

Cara pertama untuk mengumpulkan modal membuka usaha adalah dengan menabung. Anda harus menggunakan strategi ketika menabung untuk mengumpulkan dana pembukaan usaha.

Pertama, Anda harus mengetahui jumlah modal pembukaan usaha yang dibutuhkan. Kedua, Anda tentukan waktu pembukaan usaha. Ketiga, Anda bagi modal usaha yang dibutuhkan dengan waktu pembukaan usaha. Hasil pembagian tersebut merupakan nilai yang harus Anda tabung saban bulannya.

Baca Juga : Hanya Dengan Menulis Bisa Menghasilkan Milyaran

Contoh:

Total modal pembukaan usaha yang dibutuhkan Rp 200 juta

Target waktu pembukaan usaha 2024 (60 bulan ke depan)

Total modal pembukaan usaha / target waktu pembukaan usaha = nilai uang yang ditabung per bulan.

Rp 200 juta / 60 bulan = Rp 3,4 juta

Bagaimana bila tidak bisa memenuhi nilai uang yang harus ditabung tiap bulannya?

Anda dapat menurunkan nilai uang yang harus ditabung sesuai kemampuan. Fitri menyarankan Anda untuk menabung sebagian uang bonus yang didapatkan.

Lainnya, Anda sebaiknya menaikkan nilai tabungan secara bertahap sesuai dengan kemampuan.

Dengan begitu Anda tetap bisa membuka usaha sesuai target waktu. Anda juga bisa mencari penghasilan tambahan untuk mempercepat pengumpulan dana pembukaan usaha.

“Sebaiknya Anda menabung dana tersebut dengan menempatkan pada produk investasi,” kata Widya. Alasannya, agar modal yang Anda kumpulkan tidak tergerus inflasi.

Perhatikan, sebaiknya memilih produk investasi yang Anda mengerti agar tahu untung dan rugi dari produk investasi tersebut.

Bila Anda merasa asing dengan produk investasi dan tidak ingin mempelajari, lebih baik gunakan tabungan konvensional di Bank.

Anda pun dapat menggunakan fasilitas tabungan auto debet bila merasa tidak disiplin menabung.

2. Modal dari Utang

Opsi lainnya, Anda dapat menggunakan dana utang untuk membuka usaha impian. Dengan catatan, Anda mampu membayar cicilan serta melunasi utang tersebut tepat waktu.

Widya menyarankan Anda dapat meminjam modal usaha ke saudara (keluarga). Dengan begitu, Anda tidak harus menanggung bunga utang.

Pilihan lain, Anda dapat menawarkan pembagian porsi kepemilikan usaha. Sehingga, Anda tidak harus mengembalikan dana pembukaan usaha tersebut. Namun, konsekuensinya Anda harus membagi profit usaha sesuai perjanjian dengan saudara tersebut.

Lainnya, Anda dapat mengajukan utang melalui aplikasi utang online. “Aplikasi tersebut dapat memberikan Anda modal usaha dengan cepat,” kata Widya.
Anda wajib selektif dalam memilih aplikasi utang agar tidak sampai terjerat bunga utang tinggi. Anda wajib pastikan aplikasi tersebut sudah terverifikasi OJK.

Related posts