Bisnis Catering Online

Bisnis Catring Online

Duniabisnisonline.web.id – Pemilik restoran biasanya adalah orang-orang yang memiliki citra memasak yang hebat dan sangat pandai memproses makanan. Bahkan seorang pengusaha Catring sering memulai bisnisnya dengan peralatan sederhana. Yang paling penting adalah faktor kunci tertentu dalam keberhasilan Catring, yaitu kejujuran, keuletan, selera yang baik, dan layanan pelanggan yang baik. Jika Anda ingin memaksimalkan industri restoran, berikut adalah beberapa langkah yang harus diambil:

1. Tentukan Terlebih Dahulu Jenis Usaha Catering Yang Akan Anda Kembangkan
Hal utama dan penting dalam cara memulai bisnis kuliner catering adalah ketika anda memilih kategori atau jenis catering yang nantinya akan anda jalankan. Berikut beberapa rincian singkat yang bisa menjadi pedoman anda :

  • Catering Rumahan

Biasanya usaha catering kategori ini adalah jenis catering kelas menengah yang biasanya akan melayani pemesanan hingga mencapai 100 orang banyaknya. Jika anda merupakan seorang ibu rumah tangga yang cukup aktif dan hobi dalam masak memasak maka tidak ada salahnya untuk mencoba memulai bisnis yang satu ini. Bisnis catering ini adalah bisnis kuliner yang meliputi ratangan untuk anak kos, untuk karyawan, pengajian rumah tangga, pesanan nasi tumpeng, pesanan nasi boks, acara pengajian atau bahkan prasaman untuk arisan.

  • Catering Khusus Masakan Anak

Ini juga bisa di lakukan oleh para ibu rumah tangga atau bagi pria yang menginginkan usaha sampingan. Ini adalah jenis usaha catering yang anntinya akan berfokus dan melayani permintaan pesananan sarapan atau makan siang bagi para anak sekolah. Biasanya jenis usaha catering ini akan menyediakan produknya dalam bentuk tempat makan untuk anak atau berupa rantangan. Bahkan tak jarang penyedia usaha catering yang satu ini meliputi makanan yang penyajiannya untuk para bayi.

  • Catering Acara Khusus atau Hajatan

Ini adalah usaha catering yang nantinya akan berfokus dalam pelayanan dan menghasilkan produk masakan untuk berbagai acara istimewa seperti sunata, perayaan ulang tahun, pernikahan atau berbagai peryaan atau acara spesifik lainnya. Biasanya sistem yang di gunakan adalah sistem prasaman, namun tak jarang juga menggunakan bentuk tumpeng dan tambahan nasi boks.

  • Catering Kantoran

Seperti halnya catering anak, usaha atau bisnis ini adalah berfokus dalam memenuhi kebutuhan kuliner para karyawan. Mulai dari berbagai jenis rantangan untuk karyawan kantor, prasaman untuk berbagai acara yang di gelar di kantor dan pemesanan nasi boks.

2. Penetapan Harga dan Persiapan Produk
Lakukan terlebih dahulu riset kecil kecilan untuk lebih mudah dalam menentukan harga jual dari produk catering anda. Bandingkan rencana harga jual produk anda dengan harga dipasaran. Anda harus lebih pandai dalam pengolahan dan menjalankan sistem produksi dimana nantinya bisa memperkecil harga jual dan menambah keefektifitasan dari usaha catering anda. Siasati semua hal yang memberatkan biaya produksi dengan mencari beberapa supplier yang menyediakan bahan baku untuk usaha anda dengan harga yang lebih murah dan terjangkau.

Baca juga : Tips Menjual Bisnis Kue Online

3. Perlengkapan dan Persiapan Belanja Modal
Menyiapkan sejumlah belanja modal adalah langkah berikutnya yang harus anda lakukan ketika telah selsai dengan penentuan atau penetapan harga jual produk catering anda. Adapun modal usaha catering yang nantinya di butuhkan adalah sebagai berikut :

  • Biaya Perlengkapan Untuk Memasak

Mungkin anda tidak lagi perlu membeli berbagai perlengkapan tambahan jika anda hanya akan memasak utuk porsi kecil. Namun pertimbangkan untuk melengkapi sebagian alat-alat penting jika nantinya anda akan menghandel permintaan catering yang banyak atau diatas 100 porsi setiap harinya. Karena tidak melulu harus terburu-buru membeli alat baru agar modal anda bisa di hemat dan efisien. Bahkan bisa memaksimalkan usaha modal 10 juta rupiah ini.

  • Dapur atau Ruangan Memasak

Tatalah ruangan memasak anda atau dapur yang akan di gunakan sebagai pabrik usaha anda sebagus mungkin agar membuat anda maupun rekan kerja menjadi lebih mudah dan betah untuk memasak disana. Gunakan saja dapur di rumah anda terlebih dahulu, atau pilih salah satu ruangan kosong di rumah anda.

  • Penyimpanan atau Rak

Tentunya anda memerlukan peralatan atau wadah untuk tempat penyimpanan berbagai kepeluan usaha catering anda seperti bahan baku dan bumbu, bukan? Nah inilah mengapa anda membutuhkan lemari penyimpanan atau rak. Agar semua barang yang berhubungan dengan produksi akan terlindungi dan aman. Ini juga akan memudahkan anda dalam pencarian semua peralatan tersebut.

  • Perencanaan Modal

Salah satu usaha rumahan, seperti bisnis catering ini akan selalu mendapat kendala dalam pencarian modal. Namun anda bisa mengantisipasi dengan pinjaman awal berupa uang tabungan maupun dengan meminjam kepada saudara maupun teman. Modal awal yang anda butuhkan tidaklah terlalu besar. Bahkan anda bisa terlebih dahulu mmulai dengan skala kecil agar tidak memiliki masalah dalam pencarian modal awal.

Pemasaran dan Strategi Promosi

Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah bagai mana anda melakukan strategi pemasaran dan melakukan promosi untuk menyebarluaskan pengetahuan masyarakat akan usaha anda. Karena tidak peduli seberapa besar skala bisnis catering anda, melakukan promosi dan menggunakan strategi yang jitu adalah hal penting ketika anda ingin usaha anda berkembang pesat. Berikut beberapa contoh acuan sederhana dalam strategi pemasaran usaha catering anda :

Related posts