Bisnis Di Marketplace

Bisnis di Marketplace

Bisnis Marketplace – Ketika Anda merasa sudah cukup menguasai penjualan dengan menggunakan media sosial, kini saatnya untuk merambah ke penjualan dengan memanfaatkan marketplace. Marketplace adalah suatu tempat di internet, di mana banyak pihak berkumpul untuk melakukan proses transaksi jual beli. Bisa dijadikan tempat untuk menjual barang atau bisa juga dijadikan untuk mencari barang. Dengan kata lain, marketplace yang sering disebut dengan pasar online ini memiliki konsep yang sama seperti pasar tradisional, hanya saja untuk mengakses pasar ini, hanya bisa menggunakan koneksi internet.

Saat ini jumlah marketplace untuk produk dalam dan luar negeri terus bertambah seiring dengan bertumbuhnya kepercayaan masyarakat terhadap sistem jual beli online. Keuntungan lain dengan menggunakan marketplace adalah jumlah pengunjung yang sudah dijamin oleh penyelenggara marketplace tersebut. Anda tidak perlu repot mengurus pemeliharaan atau maintenance website, dan juga tanpa biaya. Di sisi lain, kepercayaan masyarakat juga lebih besar ke marketplace dengan adanya sistem rekening bersama yang dikelola oleh marketplace itu sendiri.

Meskipun sistem jualan di pasar online ini sangat menguntungkan, Anda juga perlu memahami kelemahannya seperti fiturnya bisa saja tidak sesuai dengan keinginan kita. Kemudian, Anda juga tidak bisa membangun brand Anda secara efektif jika dibandingkan dengan toko online yang dikelola sendiri. Tetapi tak perlu khawatir, buat saja pasar online ini sebagai media pengenalan produk, dan jika sudah dikenal dan stabil, baru Anda membuat toko online sendiri. Marketplace yang sudah mempunyai reputasi baik dan dikenal luas oleh pebisnis online di tanah air untuk transaksi dalam dan luar negeri antara lain adalah Tokopedia, Bukalapak, Kaskus FJB, OLX, eBay (internasional), dan sebagainya.

Tips berbisnis di marketplace :

Kenali Siapa Diri Anda

Tahu siapa diri Anda yang sebenarnya tidak hanya penting untuk pengembangan diri tetapi juga dalam hal berbisnis. Apa manfaatnya? Manfaatnya adalah Anda bisa mengenal apa kelebihan dan kekurangan Anda dan Anda bisa menyesuaikan hal tersebut dengan jualan Anda.

Sebagai contoh, kalau Anda senang pada musik dan punya passion dalam musik namun Anda berjualan sepeda yang notabene berkaitan dengan olahraga. Kemungkinan untuk punya penghasilan besar dari situ tentu saja cukup sulit karena Anda kemungkinan pula tidak sepenuh hati. Hal ini khususnya jika Anda tidak punya minat sama sekali dengan hal-hal yang Anda jual.

Kenali Produk Anda

Setelah mengenal apa minat Anda maka kemudian kenali produk yang Anda jual. Meski Anda sangat memahami apa passion Anda dan kesukaan Anda namun bukan berarti Anda bisa langsung tahu bagaimana produk yang dijual – meski produk tersebut adalah bagian dari passion Anda, bukan?

Dengan mengenal benar-benar produk Anda maka Anda bisa menjelaskan secara detil produk yang dijual dan membaca tren pasar. Dengan begitu, Andapun bisa tidak hanya meningkatkan penjualan karena tahu tren pasar tetapi juga mengembangkan produk sebaik mungkin – melebihi kompetitor.

Kenali Pelanggan Anda

Faktor terpenting sukses berjualan di marketplace adalah tahu (calon) pelanggan. Mengenal siapa saja pelanggan Anda akan membuat Anda mengerti bagaimana memperlakukan mereka dan strategi apa saja yang harus digunakan.

Sebagai contoh, perhatikan bagaimana “orang kantoran” berbelanja online. Mereka biasanya menggunakan waktu siang hari ketika istirahat untuk browsing produk di satu marketplace dan sebagainya. Mereka memang tetap membandingkan harga dari satu penjual dengan penjual lainnya namun ternyata mereka butuh penjual yang responsif.

Mereka tidak akan punya cukup waktu untuk menunggu kabar dari penjual. Hal inilah yang membuat orang kantoran cenderung membeli pada penjual yang langsung merespon mereka dan langsung membayar. Sementara itu, customer yang sering berbelanja online pada malam hari biasanya tidak begitu mementingkan respon cepat karena mereka lebih memilih untuk mencari barang-barang dengan harga lebih murah.

Kenali Kompetitor Anda

Tentu saja apabila suatu produk laris manis di pasaran makin banyak kompetitor pula. Oleh karena itu, kenali kompetitor Anda dengan tahu kelebihan dan kekurangan mereka. Sama halnya dengan berperang, Anda harus tahu ‘musuh’ Anda, bukan? Dengan begitu Anda bisa menjadi berbeda dari mereka, bukannya malah menjadi orang yang sama. Tidak perlu takut untuk itu! Anda bisa menentukan harga yang tepat dan juga tentukan target customer Anda yang berbeda.

Dengan cara-cara ini semoga Anda bisa menguasai marketplace. Anda bisa mendapatkan banyak feedback positif yang tentu saja menaikkan reputasi Anda di suatu marketplace. Tidak perlu heran apabila customer bahkan rela berbelanja degan harga yang sedikit lebih mahal karena mereka berbelanja pada penjual yang dapat dipercaya. Mengapa? Karena mereka tidak perlu ‘dag-dig-dug’ menunggu barang datang atau tidak, barang yang mereka pesan bagus atau tidak dan lain-lainnya.

Reputasi adalah kunci sukses ketika Anda berjualan di marketplace. Hal ini membedakan Anda dari keriuhan pasar dan membuat fokus calon customer Anda teralihkan pada Anda dan customer tidak mau beranjak dari Anda. Tidak hanya sampai di situ, customer bahkan merekomendasikan Anda pada calon customer lainnya dari ‘mulut ke mulut’. Efek yang luar biasa, bukan?

Kelebihan berbisnis di marketplace :

  • Tempat Berkumpulnya Pembeli
  • Banyak Pedagang, Bisa Tukar Informasi
  • Rekening Bersama Untuk Keamanan
  • Promosi Gratis Dari marketplace
  • Banyaknya Produk yang Tersedia

Kekurangan berbisnis di marketplace :

  • Persaingan Terbuka Antar Penjual
  • Iklan Dari Penjual Lain Sering Masuk
  • Keberlangsungan Website yang Tidak Terjamin
  • Fitur Searching Tidak Tertarget Pada Produk Kita Saja

Related posts