Bisnis Digital Editing

Bisnis Digital Editing

Bisnis Digital Editing – Pernikahan biasanya akan menjadi sebuah momen atau kejadian yang dianggap sakral, hal ini karena pada umumnya pernikahan ini hanya terjadi sekali saja dalam kehidupan pribadi seseorang. Maka tidak heran kalau semua yang melaksanakan acara ini kemungkinan besar akan mengabadikan hampir setiap kejadian yang berlangsung dalam acara pernikahan tersebut kedalam format gambar ataukah video.

editing gambar dan photo

Salah satu cara yang biasanya dilakukan untuk mengabadikan setiap momen yang terjadi dalam acara tersebut adalah melalui pemotretan yang dilakukan oleh tenaga ahli yang dibayar maupun diabadikan sendiri melalui teman atau keluarga. Jika menggunakan tenaga ahli khusus untuk pengambilan gambar, mungkin hasilnya juga akan memuaskan dan sesuai yang diinginkan, tetapi jika menggunakan tenaga ahli yang kurang berkompeten, mungkin hasilnya juga akan kurang baik termasuk jika dibuat sendiri oleh teman maupun keluarga.

Maka terkadang hasil pemotretan ini dirasa masih kurang bagus dan tidak memuaskan yang empunya hajatan. Hal ini mungkin disebabkan oleh peralatan saat pemotretan yang memiliki keterbatasan fungsi, termasuk kurang bagusnya pengaturan pencahayaan saat pengambilan gambar berlangsung.

Maka lahirlah ide bisnis yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan ini, yaitu untuk membantu mereka memperbaiki gambar dari hasil pemotretan yang sudah jadi tersebut dan belum sesuai dengan hasil yang diinginkan. tentu saja ini akan sangat membantu karena foto atau gambar-gambar tersebut tergolong sesuatu yang istimewa karena momen-nya kemungkinan besar tidak akan pernah ter-ulang lagi dan akan menjadi kenangan sepanjang masa buat pasangan pengantin tersebut.

Jadi jika anda memiliki keahlian maupun pengalaman dalam mengolah gambar, terutama dalam meng-edit dan memodifikasi sebuah gambar atau foto, maka Anda bisa membuka usaha dalam bidang jasa Editing Photo Untuk Pernikahan, yaitu sebuah usaha atau bisnis yang khusus diperuntukkan untuk mengolah dan memperbaiki gambar atau foto-foto tersebut.

Apa Saja Peralatan & Perlengkapan Usaha Yang Dibutuhkan?

Apabila anda memang punya keahlian, bakat, maupun pengalaman dalam bidang editing dan pengolahan gambar dan foto, maka usaha ini bisa sangat menjanjikan untuk digarap karena tidak semua orang memiliki kemampuan dalam bidang ini. Dan untuk melaksanakan pekerjaan editing dan pengolahan gambar dan foto ini, anda akan memerlukan alat bantu berupa software pengolah gambar/foto sekelas Photo Editor maupun PhotoShop misalnya.

Baca Juga :

Jualan Online Di Media Sosial
Bisnis Di Marketplace

Adapun software yang saat ini yang paling banyak digunakan dalam pengolahan dan editing foto adalah kedua software tersebut. Jika anda belum mengetahui dan menguasai cara penggunaannya, sebaiknya anda secepatnya mempelajarinya jika memang ingin menggeluti bisnis yang satu ini. Dan jika anda ingin membuat berbagai manipulasi gambar maupun photo, maka photoshop akan menjadi software yang paling di Andalkan. Anda bisa belajar berbagai bentuk manipulasi gambar dan photo menggunakan photoshop dari berbagai sumber, salahsatunya adalah panduan photoshop yang dibuat oleh saudara Rivo Rareano.

Apapun software yang anda gunakan, apakah dengan photoshop ataupun software yang lain, setidaknya minimal Anda sudah bisa melakukan editing dan mengolah gambar maupun foto-foto tersebut minimal seperti yang disebutkan dibawah ini karena pada umumnya objek yang akan diubah atau diperbaiki dari sebuah foto adalah seputar permasalahan tersebut. Adapun yang perlu anda pelajari dari penggunaan software tersebut adalah sbb.:

1. Mengubah latarbelakang sebuah foto.
2. Merapikan ulang bagian rambuat seseorang yang ada dalam sebuah gambar.
3. Mengubah warna dari kelopak mata maupun bagian mata lainnya.
4. Menghilangkan noda-noda yang ada diwajah sehingga akan nampak seperti mulus.
5. Membuat gigi seseorang yang terlihat dalam sebuah foto menjadi terlihat putih dan bersih.
6. Menambah efek-efek khusus pada sebuah gambar.
7. Menghilangkan atau menyembunyikan keriput-keriput wajah seseorang.
8. Memperbaiki tampilan kulit yang terlihat mengkilap atau bercahaya.
9. Merampingkan tubuh seseorang yang ada dalam foto tersebut.
10. Serta memperbaiki tampilan mata merah yang biasanya diakibatkan oleh terkena cahaya dari sebuah kamera.
Siapa Sajakah Yang Akan Menjadi Target Pasar Dalam Bisnis Ini?

image editingTentu saja yang menjadi target pasar utama dalam bisnis ini adalah pengantin itu sendiri, yaitu apakah mereka yang baru dalam tahap perencanaan untuk menikah, pasangan pengantin yang sudah melangsungkan pernikahan, bahkan sampai pasangan suami istri yang sudah lanjut usia.

Selain itu kelompok fotografer freelance juga bisa menjadi target pasar Anda, yaitu mereka yang memiliki profesi sebagai fotografer yang bekerja sendiri dan tidak membangun atau mendirikan sebuah bisnis secara khusus.

Target pasar berikutnya adalah para fotografer pemula. Walaupun orang-orang ini memiliki profesi sebagai seorang fotografer, tapi karena pengalaman yang dimilikinya masih kurang atau masih sedikit, maka bisa menjadi tujuan pasar Anda yang lainnya.

Selain ide bisnis diatas yang bisa digarap dalam bidang ini, sebenarnya masih banyak lagi ide-ide bisnis yang bisa dikombinasikan dengan bisnis editing foto ini untuk memberikan nilai tambah dan pilihan jasa yang lebih lengkap dan lebih menarik untuk pengguna jasa Anda seperti: foto pre-wedding menjelang acara pernikahan, layanan cetak dan scanning foto, menjual album dan bingkai foto, dsb.

Karena ini adalah sebuah bisnis jasa yang berbeda dengan bisnis dalam bentuk barang, maka yang perlu anda lebih tekankan dan lebih diperhatikan untuk keberhasilan bisnis jasa Anda ini adalah masalah kepuasan terhadap pelanggan dan calon pelanggan Anda. Untuk itu persiapkan dengan baik keahlian anda dalam bidang ini, terutama penguasaan penggunaan aplikasi atau software pengolah gambar dan foto yang Anda gunakan.

Related posts