Bisnis Jasa Konsultasi

Bisnis Jasa Konsultasi

Bisnis Jasa Konsultasi – Zaman dahulu, seorang yang membuka jasa konsultasi harus sibuk beriklan atau menawarkan jasa melalui referensi, proposal ke perusahaan-perusahaan, dan sebagainya. Hal tersebut jelas merepotkan, dan menjadi lucu dan konservatif jika masih dijalankan di jaman serba teknologi digital ini. Saat ini, pemilik jasa konsultasi bisa mengubah metode promosinya dengan memasarkannya melalui blog buatannya sendiri. Setelah blog mulai ramai dikunjungi, biasanya banyak di antara pengunjung tersebut ingin bertanya dan berkonsultasi mengenai topik yang ada di blog.

Misalnya, Anda menulis sebuah blog mengenai investasi. Kemudian salah seorang pengunjung blog Anda menghubungi Anda melalui e-mail dan ingin berkonsultasi mengenai investasi emas. Konsultasi bisa dilakukan dengan berbagai macam metode. Dari berbalas pesan melalui e-mail hingga video call menggunakan IM. Dari situ, Anda bisa mendapatkan bayaran dari setiap sesi konsultasi yang dilakukan.

Topik konsultasi bisa sangat variatif tergantung yang ditanyakan oleh pengunjung blog/website Anda. Bisnis ini cocok bagi Anda yang ingin bebas dan tidak terikat waktu dan tempat, karena konsultasi bisa dilakukan dalam bentuk online menggunakan video tutorial atau ebook. Komunikasi untuk melakukan konsultasi langsung bisa menggunakan Skype, Yahoo Messenger atau media lainnya.

Berbagai Macam Tugas dan Jenis Konsultan

Bidang Marketing.

Bila suatu perusahaan mempunyai masalah dalam dalam bidang pemasaran dan menyadari bahwa mereka memerlukan opini berbeda dari perpektif luar, maka perusahaan ini akan mempekerjakan konsultan marketing. Konsultan marketing ini akan membantu eskskutif senior dalam menggali pemahaman dan pengertian terhadap sebuah masalah dan menghadapi tantangan strategis dalam bidang marketing perusahaan mereka. Konsultan pemasaran ini akan bekerja sama dengan eksekutif senior seperti marketing manager, product manager bahkan sales manager dalam merumuskan suatu strategi pemasaran yang cocok untuk permasalahan perusahaan tersebut dan rencana jangka panjang maupun jangka pendek yang akan dilakukan. Sebagian konsultan pemasaran di minta untuk mendampingi perusahaan pada masa implementasi.

Bidang Kuliner Restoran dan Makanan.

Untuk perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan ingin menentukan bagaimana restoran yang kita kelola mampu melakukan penghematan bumbu dan bahan baku tanpa merubah menu dan resep masakan atau ingin memperbaiki sistem pelayanan pada konsumen maka anda dapat meminta bantuan perusahaan konsultan operasi atau Operations Consulting. Atau bila perusahaan anda ingin memperbarui proses pembelian dan rantai pasokan dari pabrikan dan supplier, maka anda juga membutuhkan konsultan operasi. Konsultan ini memiliki ciri khas secara umum untuk membantu implimentasi dari saran-saran mereka dalam membuat suatu sistem operasi menjadi efisien.Konsultan operasi ini lebih berfokus pada proses internal klien seperti distribusi, produksi, order fulfillment, atau customer service. Contoh konsultan jenis ini antara lain: Accenture, Cap Gemini Ernst & Young, dan Deloitte consulting.

Bidang Sumber Daya Manusia.

Human Resources (HR) Consulting atau konsultan sumber daya manusia adalah konsultan yang memfokuskan diri pada upaya-upaya untuk memaksimumkan nilai sumber daya manusia di suatu perusahaan dengan menempatkan orang yang tepat pada posisi yang tepat dan bidang pekerjaan yang tepat dengan melakukan wawancara atau membuka lowongan pekerjaan sehingga kesuksesan perusahaan bisa dicapai dengan dukungan karyawan yang solid. Hal ini disadari mengingat perusahaan banyak berinvestasi pada human capital, sumber daya manusia dan berharap banyak dari investasi tersebut.Keterlibatan konsultan sumber daya manusia bisa dimulai sejak proses rekrutmen, melakukan training dan development, memberikan jasa konseling, menyusun paket gaji, renumerasi, tunjangan, fasilitas dan struktur kompensasi karyawan, membangun kultur dan komunikasi dalam perusahaan, dan sebagainya. Beberapa contoh konsultan bidang ini seperti Hewitt Associates, Towers Perrin, Watson Wyatt Worldwide, dan Mercer HR.

Bidang Strategi dan Perencanaan.

Bain & Company, Boston Consulting Group (BCG), dan McKinsey & Company adalah perusahaan besar yang bergerak dalam bidang konsultasi strategi atau konsultan strategi. Konsultan strategi biasanya mendampingi eksekutif papan atas seperti direktur, komisaris dan CEO dari suatu perusahaan dalam menggali masalah, memahaminya dan menghadapi tantangan strategis menyeluruh dari suatu perusahaan. Konsultan strategi ini membantu para eksekutif senior maupun pemilik perusahaan dalam nerumuskan strategi jangka panjang dari perusaaan tersebut. Beberapa hanya memberikan rekomendasi dan melakukan presentasi, ada juga sebagian lain dituntut untuk tetap terlibat dan mengawasi selama proses implementasi.

Bidang Teknologi Informasi.

American Management Systems, Accenture, Cambridge Technology Partners, Computer Sciences Corporation, dan Electronic Data Systems (EDS) adalah contoh perusahan konsultan IT atau konsultan Informasi Tehnologi yang besar. Mereka menangani permasalahan bisnis yang kental dengan isu-isu teknis dari sistem dan teknologi informasi. Konsultan IT bertanggung jawab mulai dari proses analisis, desain, hingga impelementasi sistem, untuk memastikan solusi tersebut mendukung proses bisnis mereka.Contoh proyek yang ditangani oleh IT consulting firms/konsultan IT misalnya menguji vulnerability sistem internet banking sebuah bank, instalasi dan troubleshooting modul-modul ERP, menangani konversi database pelanggan ke server berbasis Oracle, dan sebagainya.

Bidang Internet dan Programming.

E-Consulting adalah konsultan yang menangani masalah-masalah yang menyangkut e-business dan e-commerce dalam skala yang luas. E-business biasanya adalah suatu kegiatan bisnis yang dijalankan secara online, sementara e-commerce umumnya merupakan kegiatan yang melibatkan transfer unit keuangan melalui media elektronik/internet. Beberapa konsultan bidang ini antara lain Digitas, Razorfish, dan Sapient. Mereka memiliki spesialisasi mulai dari front-end design (programming, desain grafis) hingga valuasi, branding, marketing, jasa B2B, dan sebagainya.

Related posts