Bisnis Jual Domain

Bisnis Jual Domain

Bisnis Jual Domain – Dari sisi SEO, domain yang sesuai dengan jenis produk sangat membantu memudahkan proses pencarian dalam search engine. Salah satu bidang bisnis yang lahir dari sini adalah jual beli nama domain. Banyak transaksi bisnis ini di forum dalam dan luar negeri seperti ads.id atau forumsdigitalpoint.com. Seperti apa konsep transaksinya? Kolektor domain yang terjun dalam bisnis ini mencari ide dalam bentuk daftar nama domain sebanyak mungkin. Kemudian pilih yang berpotensi punya prospek bagus. Setelah itu pasarkan nama domain tersebut dengan sistem lelang. Nama domain yang bagus bisa dihargai mulai dari $500 sampai $100,000 bahkan lebih.

Cara menjual nama domain :

Mendaftarkan Nama Domain

Sebelum jual nama domain, tentu saja perlu diperhatikan nama yang pasti berpotensi untuk dibeli oleh korporasi. Kemampuan dan naluri Anda untuk menggambar situasi industri sangat penting untuk masalah memilih nama yang akan Anda jual. Jangan lupa bila Anda mendapat nama domain yang berpotensi laku mahal, perhatikan juga tipe domainnya Beoners! Seandainya nama domain “untukapa” berpotensi tinggi, sebisa mungkin beli juga beli semua jenis top level domain seperti .com/.net.org/.co, agar pembeli tidak punya pilihan lain dan tetap membeli nama domain tersebut di Anda.

Perawatan Nama Domain

Setelah menemukan nama domain di kolom search jagoanhosting.com, segeralah membeli nama domain tersebut dan berlangganan selama satu tahun. Tidak perlu membeli hosting pun tidak masalah, hanya perlu memiliki nama hosting yang Anda mau saja. Sekarang, tentu saja Anda sudah bisa memulai jual nama hosting, namun sebelum itu Anda harus mengingat kapan nama domain Anda akan kadaluarsa, dan harus membeli identitas kepemilikan yang jelas pula!

Memasarkan Nama Domain Anda

Sambil menunggu pembeli yang sengaja mencari nama domain yang Anda miliki, maka cobalah untuk memasarkan dari sosial media, blog atau forum-forum yang ada di facebook, kaskus dll. Bisnis jual nama domain memang bisa menghasilkan penghasilan yang sangat besar, maka dari itu tidak ada salahnya untuk melakukan pendekatan langsung dengan pembeli bila Anda memiliki nama domain yang sesui dengan pelanggan. Misal: Anda memiliki nama domain “LayananBank” coba tawarkan nama tersebut ke bank-bank yang ada di Indonesia!

Lebih handal lagi nama domain yang Anda buat adalah nama perusahaan yang belum mempunyai website, kemungkinan besar perusahaan tersebut akan membeli nama domain Anda dengan harga yang cukup tinggi. Memang terlihat kasar, namun kebijakan nama domain adalah siapa cepat dia dapat!

Negosiasi Harga Jual dan Transaksi

Dalam berbisnis jual nama domain memang harga sangatlah tidak paten, namun bila dikira nama domain Anda sangat dibutuhkan oleh pelanggan, Anda bisa mematok dengan harga yang sangat tinggi. Negosiasi juga perlu dipertimbangkan mengenai kemungkinan memilih alternatif nama domain lain, bila alternatif nama lain masih memungkinkan dibeli oleh pelanggan, Anda bisa menurunkan harga yang Anda patok karena bila target pasar sudah melewatkan nama domain Anda, maka dimungkinkan kesempatan nama domain tersebut tidak akan laku selamanya.

Bila Anda telah mendapat pembeli, dari jual beli nama domain dan proses keuangan telah lunas, Anda bisa memberikan hak kepemilikan domain Anda ke pembeli lewat transfer kepemilkan atau lewat tiket verifikasi transfer kepemilikan yang sudah disediakan platform Anda membuat nama domain. Selamat mencari nama domain dan berbisnis jual beli domain.

Related posts