Bisnis Website Eksklusif

Bisnis Website Eksklusif

Bisnis Website Eksklusif – Masih erat kaitannya dengan memiliki website sendiri, apabila konten yang Anda sediakan pada website tersebut bersifat eksklusif atau premium, maka bisa saja Anda menarik bayaran pada siapa saja yang mengaksesnya. Bukan berarti setiap pengunjung harus membayar setiap kali berkunjung, tetapi lebih pada sistem keanggotaan. Nantinya pada website tersebut, untuk bisa mendapatkan informasi topik secara detil, pembaca harus menjadi anggota dari website tersebut. Bisnis ini dinamakan sistem keanggotaan premium. Anggota harus membayar untuk menjadi anggota website tersebut baru bisa mendapat informasi lengkap sesuai yang mereka butuhkan. Umumnya pembayarannya berbentuk langganan bulanan atau tahunan. Kunci bisnis ini adalah website yang benar-benar bermanfaat bagi pembaca dan diulas oleh yang benar-benar ahli di bidangnya.

Bagaimana cara membuatnya? Cukup sederhana, dengan menggunakan platform populer WordPress ditambah plugin saja sudah cukup untuk mendapatkan penghasilan hingga ratusan ribu dolar per tahun dari sistem membership. Plugin (software pendukung aplikasi wordpress yang banyak terdapat di internet) yang bisa dicoba antara lain adalah member.wishlistproducts.com (berbayar), dan s2member.com (gratis).

Mekanisme website keanggotaan bisa mengikuti contoh sukses perusahaan-perusahaan di bawah ini:

  • SmartInsights, salah satu situs keanggotaan yang populer memberikan konten yang hanya bisa diakses bagi anggota berbayar dengan harga mulai dari $59/bulan, sedangkan bagi non-anggota hanya bisa membuka sebagian konten saja. Sebagian konten ini sengaja didesain agar pembaca tergoda untuk ingin tahu lebih lanjut. Informasi tersembunyi yang hanya bisa diakses oleh anggota terdaftar inilah yang dijual oleh SmartInsights
  • Model situs keanggotaan yang kedua adalah WPSites.com. Situs ini membuka semua akses tutorial WordPress secara gratis. Namun demikian jika anggota terdaftar dengan harga $37/bulan, mereka bisa melakukan tanya-jawab secara langsung.
  • Model ketiga terdapat pada forum premium StackThatMoney. Situs berbasis komunitas ini hanya bisa diakses oleh anggota yang sudah membayar sebesar $99/bulan. Model komunitas paling mudah untuk berbagi informasi maupun pengetahuan dalam bentuk konten tutorial, dan berdiskusi secara langsung.

Related posts