Daftar Pemain Italia yang Masuk Nominasi Ballon d’Or

Daftar Pemain Italia yang Masuk Nominasi Ballon d'Or

Daftar Pemain Italia yang Masuk Nominasi Ballon d’Or – Saat ini sudah semakin banyak pemain yang dapat meraih sebuah kemenangan untuk timnya sendiri. Ballon d’Or adalah penghargaan individual paling bergengsi di dunia sepak bola. Oleh karena itu, memenangi Ballon d’Or tentu adalah pencapaian yang sangat membanggakan. Bahkan, sekadar masuk nominasi saja sudah merupakan prestasi hebat yang tak bisa diraih sembarang pemain. Belum lama ini, majalah France Football selaku penyelenggara Ballon d’Or sudah mengumumkan 30 nama pemain yang jadi nominasi peraih Ballon d’Or 2021. Ternyata, 5 di antaranya merupakan pemain asal Italia. Siapa saja mereka? Inilah 5 pemain Italia yang berhasil masuk nominasi Ballon d’Or 2021.

1. Gianluigi Donnarumma
Mulai dari posisi penjaga gawang, ada Gianluigi Donnarumma, kiper yang dinobatkan jadi pemain terbaik Piala Eropa 2020. Donnarumma memang tampil hebat di turnamen tersebut, termasuk pada babak adu penalti di final melawan Inggris. Tak heran jika Donnarumma dianggap salah satu kunci keberhasilan Italia jadi juara.

Donnarumma sendiri jadi satu-satunya kiper yang masuk nominasi Ballon d’Or 2021. Meski banyak penjaga gawang lain yang tampil hebat tahun ini, mereka dianggap belum cukup pantas jadi nominasi. Jika bisa jadi pemenang, Donnarumma bakal jadi kiper kedua yang berhasil mendapat Ballon d’Or setelah Lev Yashin pada tahun 1963.

2. Giorgio Chiellini
Berikutnya ada Giorgio Chiellini, bek yang jadi andalan Timnas Italia di Piala Eropa 2020. Chiellini tampil solid di sepanjang turnamen tersebut sehingga Gli Azzurri minim kebobolan meski tidak bermain bertahan. Sebagai kapten, kesuksesan Italia jadi juara tentu juga tak lepas dari andil besarnya.

Sementara itu, di level klub, Chiellini sebenarnya tampil tak terlalu istimewa. Sebagai kapten, ia gagal membawa Juventus mempertahankan Scudetto, bahkan harus finis di posisi ke-4. Namun, kesuksesannya bersama timnas membuatnya tetap pantas jadi salah satu calon peraih Ballon d’Or tahun ini.

3. Leonardo Bonucci
Leonardo Bonucci yang jadi duet Chiellini di Timnas Italia pada Piala Eropa 2020 pun masuk nominasi. Keduanya membentuk kerja sama yang tangguh di lini belakang hingga berujung pada gelar juara. Bonucci bahkan jadi pemain terbaik di partai final melawan Inggris, salah satunya berkat gol penyama kedudukan yang ia cetak.

Tak mengherankan jika Bonucci dan Chiellini bisa jadi duet yang kompak karena mereka berdua juga main bareng di Juventus. Jika salah satu dari Chiellini atau Bonucci bisa memenangi Ballon d’Or, ia bakal menyusul jejak Fabio Cannavaro sebagai bek terakhir yang berhasil meraih penghargaan tersebut.

4. Nicolo Barella
Nicolo Barella adalah salah satu gelandang yang juga punya jasa besar dalam kesuksesan Italia menjuarai Piala Eropa 2020. Pemain berusia 24 tahun ini tampil 6 kali di sepanjang turnamen dan membuat 1 gol serta 2 assist. Selain itu, Barella juga sukses tampil impresif di level klub bersama Inter Milan.

Sepanjang musim lalu, Barella tampil 46 kali bersama Inter di semua ajang dan mencetak 3 gol serta 13 assist. Di awal musim ini pun ia masih jadi andalan di lini tengah Nerazzurri. Tak heran jika Barella dinilai layak untuk menjadi salah satu nominasi Ballon d’Or tahun ini.

5. Jorginho
Inilah pemain yang disebut-sebut punya peluang besar untuk meraih Ballon d’Or tahun ini. Jorginho memang sedang menikmati tahun yang luar biasa dalam kariernya. Ia tak hanya sukses mengantarkan Italia jadi juara Piala Eropa 2020, tapi juga berhasil meraih Liga Champions dan Piala Super UEFA bersama Chelsea. Itulah informasi seputar olahraga yang harus kamu ketahui