Hal yang Harus diPerhatikan untuk Memulai Bisnis

Hal yang Harus diPerhatikan untuk Memulai Bisnis

Hal yang Harus diPerhatikan untuk Memulai Bisnis – Dalam memulai suatu bisnis yang baru saja mau di kembangkan dan dipromosikan. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan siapkan dengan matang loh. Nah untuk memulai bisnis online, kamu perlu harus menyiapkan beberapa hal berikut ini.

1. Tentukan barang atau jasa yang akan dijual

Barang-barang yang akan kamu jual itu dapat kamu produksi sendiri atau suplai dari orang lain. Jika kamu belum dapat memproduksi barang, kamu dapat mendapatkan suplai dari orang lain dan membantu memasarkannya.

Usahakan barang atau jasa tersebut itu yang kamu suka dan ada rasa tertarik terhadap hal tersebut. Sehingga nanti ketika menjalani bisnis tersebut, kamu tetap dapat bersemangat dan tahu secara rinci tentang produknya.

Namun jika kamu masih bingung, kamu dapat menjual barang atau jasa yang sedang diminati saat ini, yang sedang tren.

2. Aktifkan m-banking

Adanya m-banking dapat mempermudah kamu saat mencatat pengeluaran atau pemasukan. Jadi jika ada pembeli/customer yang transfer bisa langsung dicek tidak perlu ribet ke ATM.

Kalau sudah mengetahui bahwa uangnya ditransfer, maka bisa langsung diproses sehingga tidak memakan waktu lebih lama dan kamu dapat melayani pembeli dengan cepat.

Baca Juga :Tips Mudah Memulai Bisnis Sayuran Online

3. Tentukan sosial media yang akan digunakan

Sosial media saat ini ada banyak jenisnya mulai Facebook, Instagram, WhatsApp, Line, dan sebagainya. Nah keberadaan sosial media itu bisa kamu digunakan untuk memasarkan bisnis online kamu.

Kamu juga perlu tahu tentang sosmed tersebut, bagaimana cara kerjanya, dan bagaimana cara menarik pelanggan dari sosmed itu.

4. Membuat toko online dengan memanfaatkan market place

Terdapat berbagai macam market place yang bisa kamu coba, seperti shopee, BukaLapak, Tokopedia, dan semacamnya. Di market place sendiri ada beberapa fasilitas yang diberikan sesuai kebutuhan berjualan online sehingga lebih memudahkan costumer untuk belanja online. Contohnya, ada promo gratis ongkir yang dapat menarik lebih banyak pembeli.

Bertransaksi lewat market place lebih aman karena uang yang ditransfer akan masuk ke market place terlebih dahulu tidak langsung sampai ke penjual. Kemudian ketika barang sampai, maka ada konfirmasi dari pembeli telah menerima barang lalu uang tersebut ditransfer ke penjual.

Related posts