Kisah Bisnis Online Bukalapak Achmad Zaky

Kisah Bisnis Online Bukalapak Achmad Zaky

duniabisnisonline.web.id – Kisah Bisnis Online Bukalapak Achmad Zaky, Lahir di Sragen, Jawa Tengah, Achmad Zaky tumbuh dengan keinginan memiliki pekerjaan yang baik dengan gaji yang besar.

Namun, ketika ia menempuh kuliah di ITB dan merasakan semangat entrepreneurship yang kental, ia ingin menjalankan bisnis sendiri. Pernah gagal dengan bisnis mie, Zaky kini menjalankan Bukalapak, salah satu website marketplace terbesar di Indonesia. Zaky mendorong semua anak muda untuk mulai membangun startup mereka sesegera mungkin.

Usaha pertama Zaky adalah bisnis mie yang ia jalankan di tahun keduanya berkuliah dengan uang simpanannya dari hadiah memenangkan kompetisi komputer. Ia ingin menjual mie dengan harga terjangkau untuk mahasiswa. Namun, akhirnya ia menutup usahanya tersebut. “Kami gagal karena kurang pengalaman. Kami ingin membuka warung mie lezat yang murah, tapi itu menyebabkan kami memiliki margin rendah, dan mengakibatkan pelayanan tidak sesuai dengan yang kami harapkan. Itu tidak cocok.”

Baca juga : Kisah Bisnis Online PriceArea Andry Suhaili

Namun, ia tidak menyerah. Tahun berikutnya, Zaky memanfaatkan kemampuan komputernya untuk mendirikan sebuah software house bernama Deft Technology. Timnya memenangkan Indosat Innovation Wireless Contest pada tahun 2007 dan memperoleh penghargaan “merit winner” (juara kedua) di Indonesia ICT Awards (INAICTA) setahun kemudian. Zaky menjalankan perusahaan tersebut selama dua tahun dan kemudian mengganti namanya menjadi Suitmedia, yang menawarkan jasa kreatif dan konsultasi di sektor teknologi.

Ia menambahkan bahwa kita seharusnya tidak takut gagal – tapi justru menerimanya. “Kegagalan adalah apa yang membuat kita memperbaiki diri dan mempertajam naluri kita. Saya telah gagal beberapa kali dan saya merasa itu baik bagi saya. Kegagalan tersebut mengantarkan saya ke kondisi saya saat ini.”

Ketika Anda mengambil sebuah risiko, terjunkan diri Anda dan fokuslah 100 persen, ia menambahkan, karena menjalankan startup adalah hal yang sangat sulit. Zaky keluar dari perusahaannya untuk menjalankan Bukalapak dan istrinya keluar dari pekerjaan rutinnya untuk menjalankan e-store fashion untuk wanita muslim bernama HijUp.

Perjalanan Anda akan menjadi lebih lancar jika Anda bisa menemukan partner yang baik. “Menjalankan startup seperti menikah – perlu komitmen dan partner yang baik,” jelas founder Bukalapak ini. “Kadang-kadang Anda memiliki konflik, kadang-kadang Anda bersenang-senang, tapi chemistry [dengan partner Anda] akan selalu ada, tidak peduli dalam kondisi apapun.”

Related posts