Kisah Bisnis Online Magnivate Group Kevin Mintaraga

Kisah Bisnis Online Magnivate Group Kevin Mintaraga

duniabisnisonline.web.id – Kisah Bisnis Online Magnivate Group Kevin Mintaraga, Terinspirasi oleh buku Blue Ocean Strategy, Kevin tertarik dalam bidang pemasaran dan melihat peluang yang ada di ranah ini. Setelah melakukan riset dan bertanya pada beberapa ahli, Kevin mendirikan Magnivate Group, sebuah digital agency di Indonesia yang didirikan pada 2008 dan diakuisisi oleh WPP pada tahun 2012 dan kini berganti nama menjadi XM Gravity. WPP sendiri merupakan perusahaan periklanan dan digital marketing terbesar di dunia.

Bagaimana seorang gamer Indonesia dapat menjadi pengusaha sukses

Kevin Mintaraga adalah founder dari Magnivate Group, sebuah digital agency di Indonesia yang didirikan pada 2008 dan diakuisisi oleh WPP pada tahun 2012. WPP sendiri merupakan perusahaan periklanan dan digital marketing terbesar di dunia. Kevin masih menjadi CEO setelah proses akuisisi itu, dan memimpin tim dengan lebih dari 140 orang karyawan. Mereka yang mengenal Kevin melihatnya sebagai lelaki bersahabat dan ceria yang selalu memberikan senyum di wajahnya.

Baca juga : Kisah Bisnis Online NulisBuku Aulia Halimatussaidah

Pada titik ini, Kevin masih belum tahu apa-apa mengenai digital marketing, tetapi ia bertekad untuk mengatasinya. Ia mulai dengan membaca dan meneliti secara online. Menurutnya, Wikipedia adalah bantuan belajar terbaik, dan disanalah ia mulai belajar lebih banyak mengenai dasar-dasar digital marketing seperti cost-per-click dan cost-per-acquisition. Selanjutnya, ia membentuk kemitraan dengan Octodesign Interactive yang dimiliki oleh Bernhard Subiakto dan mitra lainnya untuk membangun sebuah tim yang terdiri dari enam orang, dan mendirikan PT Magnivate – yang lalu diganti nama menjadi XM Gravity setelah diakuisisi pada Maret 2012.

Berhubung Magnivate adalah perusahaan baru, maka tim tidak memiliki apa-apa untuk dipamerkan kepada calon pelanggan yang potensial. Strategi Kevin untuk Magnivate adalah untuk mencari peluang dari berbagai merek mapan di Indonesia, jadi ia membutuhkan sesuatu untuk ditunjukkan kepada klien potensial, sekaligus untuk membangun portfolio secepatnya. Jadi, Kevin dan timnya mulai membangun website yang menarik. Ia paham bahwa itu adalah satu-satunya hal yang dapat digunakan oleh klien dan partner potensial untuk menilai Magnivate. Ia juga memutuskan untuk keluar dan menjaring koneksi.

Selain menjalankan XM Gravity, Kevin juga mendedikasikan sebagian waktunya untuk berbicara dan memberikan pelatihan di berbagai event startup. Kevin juga membuat Project Eden, dana investasi “pre-seed” yang mendukung teknopreneur Indonesia meluncurkan startup mereka. Salah satu startup yang ia berikan mentoring secara langsung adalah Telunjuk, situs perbandingan harga buatan Indonesia yang beberapa bulan lalu mendapatkan pendanaan terbarunya.

Related posts