Kisah Bisnis Online PriceArea Andry Suhaili

Kisah Bisnis Online PriceArea Andry Suhaili

duniabisnisonline.web.id – Kisah Bisnis Online PriceArea Andry Suhaili Perjalanan Andry dimulai di Pulau Bangka. Saat tengah duduk di bangku SD, ia pindah ke Jakarta untuk mengejar pendidikan yang lebih baik.

Ia meneruskan SMP dan SMA-nya di Singapura, dan kemudian mengambil gelar sarjana di Los Angeles, Amerika Serikat. Andry sendiri sudah menjadi entrepreneur selama 10 tahun, dan meskipun beberapa kali gagal di perusahaan-perusahaan sebelumnya, ia tetap kembali membangun perusahaan berikutnya.

PriceArea dimulai dengan sembilan orang, dan kemudian bertumbuh menjadi 19 orang hingga hari ini. Andry mengingat tantangan terbesar dalam karirnya sejauh ini adalah melakukan transisi dari menjalankan bisnis periklanan ke sebuah startup teknologi. “Secara finansial, menangani klien dengan pemasukan besar lalu menangani perusahaan yang belum memiliki pemasukan adalah dua hal yang berbeda.” Ia menambahkan, “Ada perubahan besar dalam hal sumber daya manusia. Saya terbiasa berurusan dengan orang-orang kreatif. Kemudian saya tiba-tiba saya harus berurusan dengan developer dan programmer.”

Baca juga : Kisah Bisnis Online Indowebster Juni (Acong)

Perubahan dan transisi ini tidak menghentikannya untuk terus maju sebagai entrepreneur. “Saya tidak takut gagal dan jatuh miskin karena kegagalan saya. Karena itulah saya mulai membangun perusahaan saya sendiri di usia 22 tahun, agar saya bisa belajar menjadi lebih baik dengan lebih cepat,” kata Andry.

Seiring berkembangnya bisnis yang ia jalankan, Andry terus belajar bagaimana menangani tantangan baru. Sebagai pemain big data, ia memastikan bahwa timnya bisa mengelola server (database dan network) dan sistem (algoritma dan struktur data) perusahaan dengan baik. Nasihatnya kepada entrepreneur lain: “Jangan menyerah dalam usaha mencapai apapun. Kualitas, timing, dan kecepatan adalah tiga hal terpenting untuk itu. Gagal bukanlah masalah, tapi Anda harus gagal.

Dukungan keluarga juga merupakan satu hal yang penting ketika menjalankan sebuah bisnis. Andry sekarang sudah tinggal di Indonesia dalam waktu yang lama. “Saya suka dengan Amerika Serikat dan Singapura dan juga segala sesuatu di sana. Tapi saya lebih suka dengan negara asal saya. Saya suka berada dekat dengan keluarga dan kerabat saya yang merupakan orang-orang terdekat yang bisa memberikan dukungan.”

Related posts