Model Bisnis Online

Model Bisnis Online

duniabisnisonline.web.id Pada artikel kali ini kami akan memberikan artikel mengenai  Model Bisnis Online. Berikut ini artikel yang memberikan ulasan dan pembahasan mengenai Model Bisnis Online

1. Brokerage Model
Brokerage adalah model bisnis online yang mempertemukan penjual dan pembeli pada satu tempat dan menyediakan fasilitas agar mereka bisa melakukan transaksi di situ. Model bisnis ini bisa juga disebut dengan istilah market-makers atau pencipta pasar.Contoh bisnis online yang menggunakan model Brokerage yaitu Priceline.com, eBay, PayPal, Escrow dan Amazon.com
Bisnis online dengan model Brokerage ini bisa dibagi lagi menjadi beberapa kategori, yaitu:
Marketplace Exchange
Buy / Sell Fulfillment
Demand Collection System
Auction Broker
Transaction Broker
Distributor
Search Agent
Virtual Marketplace

2. Advertising Model
Advertising adalah model bisnis online dengan iklan sebagai sumber utama pendapatan. Caranya dengan menyediakan konten atau jasa secara gratis (misalnya email) lalu dicampur dengan iklan dalam bentuk teks maupun banner. Bisnis online semacam ini mempunyai peluang sukses yang besar apabila mempunyai pengguna yang sangat banyak atau trafik ke situs tersebut sangat tinggi.Contoh bisnis online yang menggunakan model Advertising yaitu Yahoo, Google, dan NYTimes.
Bisnis online dengan model Advertising ini bisa dibagi lagi menjadi beberapa kategori, yaitu:
Portal
Classifieds
User Registration
Query-based Paid Placement
Contextual Advertising / Behavioral Marketing
Content-Targeted Advertising
Intromercials
Ultramercials

3. Infomediary Model
Infomediary adalah penyedia informasi. Model bisnis online ini menyediakan data-data yang berkaitan dengan konsumen misalnya bagaimana kebiasaan mereka, apa saja yang mereka sukai, umur dan jenis kelamin, lokasi dan sebagainya. Data-data tersebut lalu dianalisis dan dipakai untuk keperluan pemasaran.Contoh bisnis online yang menggunakan model Infomediary yaitu DoubleClick dan Nielsen.
Bisnis online dengan model Infomediary ini bisa dibagi lagi menjadi beberapa kategori, yaitu:
Advertising Networks
Audience Measurement Services
Incentive Marketing
Metamediary

4. Merchant Model
Merchant adalah model bisnis online dengan cara menjadi penyedia barang atau jasa, baik itu secara eceran maupun grosir. Penjualannya bisa dilakukan dengan menentukan harga barang secara langsung atau dengan sistem lelang.Contoh bisnis online yang menggunakan model Merchant yaitu Amazon.com, Barnes & Noble dan Apple iThunes Music Store.
Bisnis online dengan model Merchant ini bisa dibagi lagi menjadi beberapa kategori, yaitu:
Virtual Merchant
Catalog Merchant
Click and Mortar
Bit Vendor

5. Manufacturer (Direct) Model
Manufacturer adalah model bisnis online dengan cara memproduksi barang atau jasa lalu menjualnya sendiri lewat website. Karena dijual secara langsung kepada konsumen maka mekanisme distribusi barang menjadi lebih cepat dan efisien.
Contoh bisnis online yang menggunakan model Manufacturer yaitu Dell Computer.
Bisnis online dengan model Manufacturer ini bisa dibagi lagi menjadi beberapa kategori, yaitu:
Purchase
Lease
License
Brand Integrated Content

6. Affiliate Model
Affiliate adalah model bisnis online dengan cara menawarkan insentif dalam bentuk prosentase pendapatan kepada pemilik situs online yang menjadi mitra afiliasi. Dalam hal ini pembelian bisa dilakukan di mana saja, tidak harus ke satu situs seperti pada portal. Semakin banyak mitra afiliasi maka semakin besar pula peluang terjadinya penjualan.Contoh bisnis online yang menggunakan model Affiliate yaitu Amazon.com
Bisnis online dengan model Affiliate ini bisa dibagi lagi menjadi beberapa kategori, yaitu:
Banner Exchange
Pay-Per-Click
Revenue Sharing

Baca Juga : 3 Strategi SEO Paling Lengkap

7. Community Model
Community adalah model bisnis online yang kelangsungan hidupnya bergantung kepada loyalitas penggunanya. Pendapatan biasanya diperoleh dari penjualan produk tambahan, jasa, atau layanan premium.Contoh bisnis online yang menggunakan model Community yaitu RedHat, Ubuntu, Wikipedia dan Flickr.
Bisnis online dengan model Community ini bisa dibagi lagi menjadi beberapa kategori, yaitu:
Open Source
Open Content
Public Broadcasting
Social Networking Services

8. Subscription Model
Subscription adalah model bisnis online dengan cara menarik biaya berlangganan kepada penggunanya. Biaya tersebut biasanya dikenakan secara berkala, baik itu harian, bulanan atau tahunan.Contoh bisnis online yang menggunakan model Subscription yaitu Netflix, Truste, dan America Online.
Bisnis online dengan model Subscription ini bisa dibagi lagi menjadi beberapa kategori, yaitu:
Content Services
Person-to-Person Networking Services
Trust Services
Internet Services Providers

9. Utility Model
Utility atau “on-demand” yaitu model bisnis online dengan cara menarik biaya kepada penggunanya berdasarkan tingkat penggunaan yang sebenarnya atau istilahnya “pay as you go”. Prinsipnya hampir sama dengan layanan telepon, air, listrik atau ISP.Contoh bisnis online yang menggunakan model Utility yaitu Amazon Web Service.
Bisnis online dengan model Utility ini bisa dibagi menjadi 2 kategori, yaitu:
Metered Usage
Metered Subscriptions

Related posts