Panduan Tips Sukses Bisnis Event Organizer

Panduan Tips Sukses Bisnis Event Organizer

Duniabisnisonline.web.id – Saat ini, begitu banyak acara yang bisa kamu manfaatkan sebagai salah satu sumber penghasilan. Ada acara ulang tahun, lamaran, bridal shower, baby shower, dan sebagainya. Kalau kamu punya ide-ide kreatif mengemas suatu acara dan membuatnya semakin meriah, mungkin kamu cocok berbisnis di bidang event organizer. Berikut ini kami akan berikan kepada kamu beberapa tips bisnis event organizer supaya sukses. Pasti kamu penasaran dan ingin tahu kan? Langsung simak yuk dibawah ini!

1. Pelajari terlebih dahulu apa itu event organizer dan bisnisnya.
Sebelum terjun ke dunia event organizer, kamu wajib mengetahui hal awalnya terlebih dahulu, sekaligus lingkup kerjanya. Kamu bisa mencari tahu hal ini secara online atau langsung bertanya kepada orang lain lebih dulu membuka bisnis EO (Event Organizer).

2. Sering-sering datang ke berbagai acara ulang tahun, pernikahan, dan lainnya.
Agar mengetahui apa saja yang wajib dilakukan dalam sebuah acara, kamu harus rajin hadir di setiap acara. Mulai dari seminar, acara launching produk baru, pameran, dan lain-lain. Semakin beragam acara yang kamu hadiri, semakin luas pengetahuanmu.

3. Coba terjun dengan cara jadi freelance di sebuah EO.
Banyak sekali EO yang mencari pekerja freelance untuk event-event besar. Manfaatkan hal tersebut untuk menimba ilmu. Kamu bisa belajar sedikit demi sedikit seluk beluk dunia EO, sekaligus pekerjaan lengkapnya. Jika suatu saat jadi bos, kamu bisa mengatur karyawan dan bisnismu dengan sangat baik.

4. Cari tahu bagaimana cara membuka bisnis EO.
Lebih tepatnya, apa saja yang wajib kamu persiapkan. Kamu bisa mulai memasarkan bisnismu dengan cara endorse acara keluargamu. Persiapan modal, alat-alat yang harus dimiliki, tim kreatif, dan lain sebagainya juga harus dipikir secara matang.

Baca Juga : Langkah Penting untuk Memulai Bisnis di E-Commerce

5. Ketahui pasar atau bentuk marketmu sendiri.
Kamu mengambil segmen event organizer secara konvensional, bisa juga menetapkan sebuah target market sendiri. Misalnya, khusus menangani acara ulang tahun, anniversary, hingga perayaan tertentu. Bisa juga EO khusus seminar dan workshop. Kalau segmen pasar sudah ditentukan, kamu bisa fokus mengembangkan bisnisnya.

6. Bentuklah sebuah anggota tim yang klop.
Sering-sering berkumpul bersama anggota EO-mu, rayakan setiap keberhasilan sekecil apapun. Hal ini akan membentuk rasa kekeluargaan yang tinggi, saling percaya, dan chemistry yang kuat di antara tim.

7. Punya jiwa suka mengatur sebuah acara.
Kamu harus menjadi seseorang yang suka berinteraksi, suka ngobrol, curhat, mendengarkan keinginan orang lain, dan memiliki keinginan mewujudkan impian setiap orang yang berbeda. Pasalnya, beda orang, beda pula persepsi atau harapan untuk acara mereka.

Related posts