Tips Mudah Memulai Bisnis Sayuran Online

2

Tips Mudah Memulai Bisnis Sayuran Online – Selama masa pandemi, kita semua di anjurkan untuk tetap di rumah. Berkerja dari rumah, bahkan untuk melindungi diri kita sendiri, kita di anjurkan untuk berbelanja apapun dari rumah. Termasuk halnya jika kamu ingin memulai usaha bisnis sayuran online. Berikut adalah tips mudah dalam berbisnis sayuran online yang dapat kamu pahami

1. Bisnis Jual-Beli Sayuran Segar
Satu hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis jual-beli sayuran segar adalah penggunaan strategi pemasaran.

Jika menggunakan strategi klasik yaitu direct selling, seperti membuka lapak di pasar atau menjualnya secara keliling dengan kendaraan. Bisnis yang kamu jalankan akan memiliki banyak kompetitor yang sudah lebih dahulu memulai usahanya. Jadi cobalah untuk membuka bisnis sayuran online.

2. Budidaya Tanaman Sayur
Secara sederhana, dalam usaha budidaya tanaman sayur, kamu berperan sebagai petani sayur. Usaha ini berfokus pada teknik untuk mengembang-biakkan tanaman sayur, dengan tujuan mendapatkan hasil panen yang besar.

Strategi terbaru dalam bisnis budidaya sayur adalah dengan penerapan teknologi, yang terbukti dapat menekan biaya produksi dan memaksimalkan hasil panen.

Sayur organik merupakan salah satu contoh inovasi dalam bisnis tanaman sayur yang saat ini mulai menjadi tren di kelompok masyarakat ekonomi menengah ke atas.

Bisnis budidaya sayur memiliki satu kelemahan, yaitu apabila penjualan hasil panennya tidak dikelola sendiri, kemungkinan besar harga yang didapat akan jauh lebih rendah dari harga pasaran. Sehingga keuntungan yang diraih juga turut berkurang.

Baca Juga :5 Cara Jual Makanan Online yang Mudah

Selain harga jual yang kurang stabil bila dijual melalui tengkulak. Bisnis budidaya tanaman sayur memerlukan modal awal yang cukup besar daripada yang lain.

3. Bisnis Sayur Olahan
Pada umumnya produk sayuran mudah rusak dan tidak dapat disimpan dalam waktu yang lama tanpa bantuan alat pendingin. Sehingga apabila sayuran tidak segera dimasak, kualitasnya pun akan menurun.

Pengolahan sayur bertujuan untuk membuat daya tahan produk menjadi lebih awet agar dapat disimpan lebih lama. Contoh produk sayur olahan yang sudah lama dikenal banyak orang adalah sawi asin atau keripik bayam.

Bisnis ini memang masih belum banyak dikembangkan, karena selain jenis produknya masih sedikit, sayur olahan bukan tergolong kebutuhan rumah tangga yang dibeli banyak orang setiap hari, sehingga pemasarannya juga tidak sebesar bisnis sayur segar.

Selain dari ketiga pola bisnis sayuran di atas, kamu juga bisa menggunakan kombinasi dari salah satu atau semua pola bisnis tersebut. Tentu dengan satu syarat, yaitu modal dan kesiapan yang mencukupi.

Related posts